Sekolah Dirumah Mekatronika - Teori Praktikum Programing LCD 16x2

Ini adalah materi pelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan cara program LCD 16x2 bagi siswa SMK yang sedang belajar mandiri atau dirumah, untuk mengisi waktu sampai kita waktu sekolah kembali, mari sedikit kita bahas bagaimana caranya Programing LCD 16x2.

Pengenalan LCD 16x2

LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampil yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang misalnya alal–alat elektronik seperti televisi, kalkulator, atau pun layar komputer.

Penggunaan lcd 16x2 banyak digunakan oleh seseorang seperti penggunaannya pada robot ataupun alat-alat besar saja menggunakan alat ini. Misalkan mesin oven atau mesin lainnya. Kegunaan lcd ini sangat diperlukan untuk kepentingan melihat output yang dihasilkan misalnya kita ingin melihat suhu dari mesin tersebut. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana cocok buat kalian yang lagi belajar arduino.

Namun yang akan kita bahas kali ini ialah LCD dot matrik dengan jumlah karakter 16x2. LCD sangat berfungsi sebagai penampil yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan status kerja alat khususnya pada Mikrokontroler Arduino. 

Alasan kenapa disebut dengan LCD 16x2 adalah karena jumlah baris dan karakter yang bisa dibuat dalam sekali halaman tampil. 16 artinya jumlah karakter dan 2 adalah jumlah baris.

Adapun fitur yang disajikan dalam LCD ini adalah :
    a. Terdiri dari 16 karakter dan 2 baris.
    b. Mempunyai 192 karakter tersimpan.
    c. Terdapat karakter generator terprogram.
    d. Dapat dialamati dengan mode 4-bit dan 8-bit.
    e. Dilengkapi dengan back light. 

Berikut adalah bentuk fisik dari LCD 16x2

Fungsi dari masing-masing PIN LCD 16x2
Pin 1 dan 2
Merupakan sambungan catu daya, Vss dan Vdd. Pin Vdd dihubungkan dengan tegangan positif catu daya, dan Vss pada 0V atau ground. Meskipun data menentukan catu 5 Vdc (hanya pada beberapa mA), menyediakan 6V dan 4.5V yang keduanya bekerja dengan baik, bahkan 3V cukup untuk beberapa modul.

Pin 3
Pin 3 merupakan pin kontrol Vee, yang digunakan untuk mengatur kontras display. Idealnya pin ini dihubungkan dengan tegangan yang bisa dirubah untuk memungkinkan pengaturan terhadap tingkatan kontras display sesuai dengan kebutuhan, pin ini dapat dihubungkan dengan variable resistor sebagai pengatur kontras.

Pin 4

Pin 4 merupakan Register Select (RS), masukan yang pertama dari tiga command control input. Dengan membuat RS menjadi high, data karakter dapat ditransfer dari dan menuju modulnya.

Pin 5
Read/Write (R/W), untuk memfungsikan sebagai perintah write maka R/W low atau menulis karakter ke modul. R/W high untuk membaca data karakter atau informasi status dari register-nya.

Pin 6
Enable (E), input ini digunakan untuk transfer aktual dari perintah-perintah atau karakter antara modul dengan hubungan data. Ketika menulis ke display, data ditransfer hanya pada perpindahan high atau low. Tetapi ketika membaca dari display, data akan menjadi lebih cepat tersedia setelah perpindahan dari low ke high dan tetap tersedia hingga sinyal low lagi.

Pin 7-14

Pin 7 sampai 14 adalah delapan jalur data/data bus (D0 sampai D7) dimana data dapat ditransfer ke dan dari display.

Pin 16

Pin 16 dihubungkan kedalam tegangan 5 Volt untuk memberi tegangan dan menghidupkan lampu latar/Back Light LCD.

Langkah programing LCD 16x2
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan
  1. Arduino uno
  2. Lcd 16x2
  3. Potentiometer
  4. Software IDE Arduino.
  5. Breadboard
  6. Kabel jumper
  7. Komputer untuk program
  8. Cemilannya jangan lupa.wkwkwkwk

Menampilkan text di LCD 16x2 Arduino
Rangkailah seperti gambar di bawah ini.

  • Pastikan rangkaiannya sudah benar.
  • Buka software arduino, buat code program dibawah ini.

#include <LiquidCrystal.h>          //Library lcd
LiquidCrystal lcd(5,6,10,11,12,13); //penginisialan nama dan pin(RS,E,D4,D5,D6,D7)

void setup() {
lcd.begin(16,2);   //Menunjukkan bahwa lcd memiliki 16 kolom dan 2 baris
lcd.clear();      //bahwa lcd dalam keadaan bersih tanpa tulisan
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
lcd.setCursor(0,0);         //text dimulai dari baris 1 dan kolom 1
lcd.print("Belajar dirumah"); //lcd menampilkan text "Belajar dirumah"
lcd.setCursor(1,3);         //text dimulai dari baris 2 dan kolom 3 
lcd.print("X Mekatronika");      //lcd menampilkan text "X Mekatronika"
}

 Upload ke papan arduino
Setelah di Upload maka pada papan LCD 16x2 akan terprogram tulisan "Belajar dirumah" pada baris pertama, dan tertulis "X Mekatronika" pada baris kedua.




Tugas dan Absensi.
isi lah form berikut sebagai absensi dan isi kolom Code program dengan program LCD 16x2, Tuliskan Code Program untuk memprogram LCD 16x2. baris pertama LCD Tertulis Nama Ananda sekalian, dan baris kedua tertulis Tanggal Lahir.


Subscribe to receive free email updates: