Sekolah Dirumah Mekatronika - Materi Sensor Mikrokontroler Arduino

Ini adalah materi pelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan sensor yang dapat dipergunakan untuk berbagai hal dalam bidan mikrokontroler, mari sedikit kita bahas apa saja sensor yang dapat di aplikasikan dengan mikrokontroler khususnya arduino.

Jenis-Jenis Sensor Mikrokontroler Arduino

Sebelum mengetahui bebagai macam jenis sensor, kita harus tau dulu nih sensor itu apa sih. Sensor merupakan piranti yang ditujukan untuk mendeteksi keberadaan suatu kejadian atau perubahan nilai di sekitar lingkungan piranti tersebut dan memberikan tanggapan berupa suatu keluaran.Keluaran ini biasanya suatu indikasi yang menyatakan suatu hasil sensing.

Setelah kita mengetahui apa itu sensor, mari kita belajar bareng jenis jenis sensor yang ada di mikrokontroler arduino:


Sensor Suara
Sensor suara merupakan sensor yang berhubungan dengan suara tentunya. Contoh dari sensor suara ialah condenser mic, sensor ini dapat menerima suara yang diterimanya dan akan dikirim ke arduino sebagai inputan bisa analog bisa juga digital.


Sensor Jarak

Sensor jarak merupakan sensor yang dapat mengukur jarak suatu objek yang terdeteksi didepan sensor itu sendiri. Contoh dari sensor jarak ialah sensor ultrasonik, sensor ini dapat membaca jarak objek di depannya.


Sensor Cahaya

Sensor cahaya merupakan sensor yang dapat memberikan informasi tentang karakteristik cahaya. Contoh dari sensor cahaya ialah, fotoresistor atau yang sering kita sebut dengan hubungan jarak jauh, eh LDR maksudnya :V, LDR ini dapat mendapatkan informasi tentang tingkat intensitas cahaya(bahasa saya ya tingkat kecerahan suatu cahaya). Ada juga sensor GY-30, sensor ini juga dapat mengukur intensitas cahaya, akan tetapi satuannya itu menggunakan satuan LUX.


Sensor Biometrik

Sensor biometrik merupakan segala sensor yang terkait dengan identifikasi seseorang melalui parameter yang melekat di tubuh manusia. Contoh dari sensor biometrik yaitu sensor sidik jari atau yang sering disebut dengan fingerprint reader dan sensor retina


Sensor Gerakan

Sensor gerakan merupakan salah satu sensor yang dapat mendeteksi perubahan pergerakan fisik. contoh dari sensor gerakan ialah sensor PIR (passive infrared sensor),sensor ini bisa untuk mendeteksi sesuatu yang melewatinya, biasanya ini diterapkan di pintu yang membuka otomatis. Lalu ada juga sensor akselerometer, sensor ini biasanya digunakan untuk mengetahui posisi X, Y, dan Z pada suatu objek. Ada juga sensor Giroskop, sensor ini dapat mengetahui orientasi suatu benda terhadap satu atau beberapa sumbu.


Sensor Mekanik

Sensor mekanik merupakan sensor yang berhubungan dengan pengukuran mekanis dan alat-alat mekanis. Contoh dari sensor mekanik ialah sensor flex, FexyForce, dan timbangan. Selain itu Saklardan push button juga termasuk dalam sensor mekanik.


Sensor Pemindai(Scan)

Sensor pemindai merupakan sensor yang bekerja dengan cara memindai. Contoh dari sensor pemindai adalah RFID reader, seperti namanya Radio Frekuensi ID, ia akan memindai frekuensi radio dan barcode reader, tidak asing kan dengan barcode reader.

 
Sensor Listrik
Sensor listrik merupakan sensor yang ditujukan untuk menghasilkan informasi tentang sistem kelistrikan. contoh dari sensor listrik adalah sensor arus, yang dapat mengukur arus listrik. sensor tegangan, seperti namanya sensor ini dapat mengukur sebuah tegangan listrik. Ada juga potensiometer, yang berguna untuk mengatur besaran hambatan pada rangkaian listrik.


Sensor Lokasi

Sensor lokasi merupakan sensor yang dapat memberikan informasi lokasi secara geografis. Contohnya GPS, GPS kependekan dari Global Positioning System yang dapat memberikan informasi mengenai letak bujur dan lintang.


Sensor Lingkungan

Sensor lingkungan merupakan sensor yang dapat memberikan informasi mengenai cuaca atau lingkungan disekitar. Contoh dari sensor lingkungan ialah sensor suhu yang dapat mendeteksi suhu disekitar. Ada juga sensor kelembaban tanah, dan sensor ketinggian permukaan.

 

Tugas dan Absensi.
Sebagai tugas cari code program yang dapat kita gunakan untuk membaca sensor jarak pada arduino, tulis dibuku catatan dan perlihatkan kepada guru yang mengajar melalui fitur Whatsapp.
 

Subscribe to receive free email updates: