Sekolah Dirumah Mekatronika - Menampilkan jarak sensor ultrasonik di Lcd 16x2 Arduino

Ini adalah materi pelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan sensor yang dapat dipergunakan untuk berbagai hal dalam bidan mikrokontroler, mari sedikit kita bahas apa saja sensor yang dapat di aplikasikan dengan mikrokontroler khususnya arduino
 
Sensor Ultrasonik adalah Sebuah sensor yang berfungsi untuk mengubah besaran fisis (bunyi menjadi besaran listrik dan sebaliknya. Cara kerja sensor ultrasonik didasarkan pada prinsip dari pantulan suatu gelombang suara, sehingga dapat dipakai untuk menafsirkan eksistensi(jarak) suatu benda dengan frekuensi tertentu. Disebut sensor ultrasonik karena sensor ini menggunkan gelombang ultrasonik(bunyi ultrasonik).
LCD 16x2 Arduino adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menampilkan tampilan yang menggunakan cristal cair. Lcd ini banyak kita temui di alat-alat elektronik seperti kalkulator, televisi, dan lcd berjalan yang biaanya di perusahaan. Lcd ini memiliki 16 kolom dan 2 baris.

Lcd ini memiliki 16 pin kaki. Jika kalian ingin mempermudah untuk memprogramnya silahkan kalian beli module i2c lcd ini, Bila kalian tidak ingin menghabiskan banyak kabel.
Penggunaan kedua komponen ini banyak digunakan pada zaman modern ini. Sensor ultrasonik banyak digunakan untuk mesin-mesin canggih seperti mobil yang bisa menyetir sendiri. Mobil tersebut di lengkapi oleh sensor ultrasonik sehingga tidak akan terjadi sebuah tabrakan. Contohnya lagi pada penggunaan system parkir, ini juga menggunakan sensor ultrasonik.

Penggunaan LCD 16x2 pun tidak kalah modernnya. Lcd tersebut banyak digunakan pada mesin-mesin pabrik misalnya saja untuk mengetahui suhu, mengetahui tegangan listrik, dan banyak lagi kegunaannya. Tetapi pada dunia robotika komponen ini selalu ada, misalnya saja pada robot line follower yang terdapat lcd tersebut dan juga biasanya banyak digunakan pada alat prototype sebagai output.

Kali ini kita akan membahas dua komponen yang mempunyai pengaruh besar pada dunia teknologi dan industri. Penggunaan sensor ultrasonik memiliki perbedaan dengan sensor lainnya karena sensor ini memiliki kaki trigpin yang digunakan untuk mengeluarkan gelombang ultrasonik dan kaki echopin yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang ultrasonik. Sehingga dari pantulan tersebut terdapat jarak yang dihitung dari kecepatan dan waktu gelombang merambat sampai di terima di pin echopin.

Perbedaan sensor ultrasonik dan sensor lainnya selain dari pinnya adalah dari sisi kode programnya. Jika sensor yang  lain pada pinMode nya langsung menggunakan satu inisial misalnya Input atau Output tetapi pada sensor ultrasonik ada 2 inisial yaitu pada pin trigpin sebagai output dan echopin sebagai input.  Didalam kode program juga terdapat rumus untuk menampilkan jaraknya, Misalnya mau ditampilkan di lcd dalam bentuk milimeter (mm) , sentimeter (cm) , atau meter (m) dan satuan lainnya. Semua itu tergantung pada rumus yang kalian berikan.

Kali ini admin menggunakan rumus sentimeter (cm) karena ini untuk latihan saja. Sebenarnya projek ini gabungan dari dua materi sebelumnya yaitu menggunakan sensor ultrasonik dan menampilkan nilai sensor pada lcd 16x2. Jika kalian ingin memahami materi ini sebaiknya kalian pelajari atau pahami dahulu materi sebelumnya. Sehingga pada saat mempelajari materi ini tidak kesulitan.

Cara kerja alat ini
Admin menggunakan sensor ultrasonik untuk mengukur sebuah jarak dan lcd 16x2 sebagai output atau komponen yang akan menampilkan nilai jarak yang telah di ukur oleh sensor ultrasonik dalam satuan sentimeter (cm). Cara kerjanya sensor ultrasonik mengukur sebuah jarak dari gelombang ultrasonik dan nilai jarak tersebut di tampilkan pada sebuah lcd 16x2. Karena projek ini hanya menampilkan saja kita tidak membutuhkan sebuah kondisi dalam kode program.

Bahan yang harus dipersiapkan
  • Arduino uno
  • Sensor ultrasonik
  • Lcd 16x2
  • Software arduino
  • Breadboard
  • Kabel jumper
Menampilkan jarak sensor ultrasonik di Lcd 16x2 arduino
  • Rangkai seperti gambar di bawah ini.


  • Pastikan kabelnya sudah benar.
  • Copy code program dibawah ini.
#include <LiquidCrystal.h>          //Library lcd
LiquidCrystal lcd(5,6,10,11,12,13); //penginisialan nama dan pin(RS,E,D4,D5,D6,D7)
int trigpin=3;    //penginisal kaki trigpin masuk pin 3
int echopin=4;    //penginisial kaki echopin masuk pin 4
void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
pinMode(trigpin,OUTPUT);  //pin trigpin sebagai OUTPUT
pinMode(echopin,INPUT);   //pin echopin sebagai INPUT
lcd.begin(16,2);   //Menunjukkan bahwa lcd memiliki 16 kolom dan 2 baris
lcd.clear();      //bahwa lcd dalam keadaan bersih tanpa tulisan
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
digitalWrite(trigpin,LOW);  //membaca pin trigpin Low
delayMicroseconds(2);
digitalWrite(trigpin,HIGH);  //pin trigpin mengirim sinyal
delayMicroseconds(10);
digitalWrite(trigpin,LOW);    //pin trigpin LOW
int duration = pulseIn(echopin,HIGH);   //pin echo membaca atau menerima sinyal
int distance = duration /58;    //rumus dalam cm

lcd.setCursor(0,0);     //text dimulai dari baris 1 dan kolom 1
lcd.print("jarak=");    //lcd menampilkan text nilai=
lcd.print(distance);    //lcd menampilkan data nilai dari sensor
lcd.print("cm");        ////lcd menampilkan text cm
}
 
  • Upload code program ke papan arduino.
  • Amatilah hasilnya di lcd 16x2.
 

Tugas dan Absensi.
Sebagai tugas cari code program yang dapat kita gunakan untuk membaca sensor cahaya pada arduino, tulis dibuku catatan dan perlihatkan kepada guru yang mengajar melalui fitur Whatsapp.
 

Subscribe to receive free email updates: